Makanan Khas Papua yang terkenal di Indonesia

By | September 18, 2016

Kuliner adalah salah satu hal yang akan dicari dan dicoba saat berkunjung ke suatu daerah. Kuliner yang enak menjadi salah satu alasan mengapa orang – orang ingin mengunjungi tempat tersebut dan juga menjadi alasan seseorang menyukai tempat tersebut. Selain itu, kuliner khas suatu daerah akan menjadi ciri khas daerah tersebut yang turut serta menggambarkan kebudayaan daerah tersebut. Anda mungkin telah banyak mendengar tentang Papua dengan kebudayaannya yang unik. Selain budayanya yang unik, meski berita ekonominya yang jarang terdengar, makanan khas Papua pun tidak kalah seru untuk dicoba. Apa saja sih makanan khas dari pulau paling timur Indonesia ini? Berikut ulasannya.

  1. Kue Lontar

Kue lontar adalah kue khas Papua yang akan cocok untuk semua lidah orang Indonesia. Awalnya kue ini dibawa oleh orang – orang Belanda di masa lalu. Sebutan awal kue ini adalah rontart,  tetapi karena sulit untuk diucapkan, akhirnya masyarakat sekitar pun menyebutnya kue lontar.

Kue ini dibuat dengan bahan dasar telur. Kue ini hampir mirip dengan pie susu dari Bali. Kue lontar ini biasa dibuat ketika menyambut hari raya lebaran dan natal. Biasanya, kue lontar ini dicetak di cetakan besar sehingga ukurannya pun besar. Tetapi untuk Anda yang ingin membeli kue lontar ini sebagai oleh – oleh, dibuat pula kue lontar dengan ukuran kecil agar mudah untuk dibawa sebagai buah tangan saat pulang dari tanah Papua ini.

Makanan Khas Papua yang terkenal di Indonesia

  1. Papeda

Papeda adalah makanan favorit masyarakat papua. Makanan ini merupakan makanan pokok yang diwariskan turun temurun oleh nenek moyang masyarakat Papua. Papeda dibuat dari bahan dasar tepung sagu. Rasanya umumnya tawar. Papeda ini dihidangkan dengan berbagai cara misalnya bersama kuah bening dan ikan bakar.

Papeda juga bisa dihidangkan dengan sambal sebagai penambah selera makan. Untuk menyantap papeda ini pun unik, yaitu dengan menggunakan alat bernama gata-gata yang dibuat dari bambu dan digunakan untuk menggulung papeda dari piring.

  1. Aunu Senebre

Aunu Senebre adalah salah satu makanan yang gampang ditemukan di Papua. Makakanan ini hanya terdapat di Papua. Aunu Senebre memiliki tampilan yang begitu tradisional. Makanan ini dibuat dari olahan ikan teri dan nasi yang digoreng. Setelah digoreng, ikan teri dan nasi dicampurkan dengan irisan daun talas dan parutan kelapa. Setelah semua bahan tersebut dicampur, lalu akan dikukus. Aunu Senebre bisa disantap bersama dengan papeda atau umbi-umbian.

  1. Martabak Sagu

Martabak sagu adalah makanan khas Papua yang dibuat dengan bahan yang sederhana. Martabak ini terbuat dari sagu yang dihaluskan kemudian digoreng. Setelah itu, akan ditambahkan gula merah. Martabak sagu ini mempunyai rasa manis dengan rasa sagu khas Papua. Jika Anda pecinta martabak, maka jangan lewatkan untuk mencoba martabak sagu ini.

  1. Sate Ulat Sagu

Satu lagi makanan khas yang berasal dari Papua, sate ulat sagu. Makanan ini cukup ekstrim dan tentunya menantang bagi wisatawan yang datang ke Papua. Sate ulat sagu ini biasa disebut Koo. Bagi sebagian besar orang, ulat sagu adalah binatang yang mengerikan dan tidak layak untuk dimakan.

Tetapi masyarakat Papua mempunyai pendapat berbeda. Ulat sagu diyakini sebagai santapan yang bisa menambahkan energi dengan kadar kolestrol yang rendah. Ulat sagu ini banyak ditemukan di Papua. Di hutan ataupun di pasar, ulat sagu ini mudah untuk ditemukan. Sate ulat sagu ini mempunyai rasa manis dan asin. Tekstur dari sate ulat sagu keras di luar dan lunak di dalam.

  1. Udang Selingkuh

Di Wamena ada kuliner khas dengan nama yang unik, yaitu udang selingkuh, Nama makanan ini diambil karena bentuk udang yang bercapit besar mirip kepiting. Karena bentuk udang ini berbeda dengan bentuk udang-udang yang biasa dikonsumsi, maka orang Wamena menyebutnya sebagai udang selingkuh, Makanan ini juga terkenal di seluruh Papua. Udang selingkuh ini memiliki tekstur padat dan berserat, mirip dengan lobster.

Udang selingkuh ini akan direbus terlebih dahulu lalu digoreng. Udang ini biasanya disajikan dengan olahan bumbu saus tiram, saus mentega atau saus padang.

  1. Ikan Bungkus

Satu lagi kuliner yang terkenal dari Papua, ikan bungkus. Ikan bungkus ini sebenarnya sama dengan kuliner pepes yang biasa kita temukan di Jawa. Di Papua, makanan ini dinamakan ikan bungkus. Ikan bungkus ini dibungkus dengan menggunakan daun talas, berbeda dengan pepes yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Bumbu yang dipakai adalah rempah-rempah yang umum ditemukan di Papua lalu ditambah garam. Garam ini pun selain berfungsi untuk menambahkan rasa asin, juga untuk menghilangkan getah dari daun talas. Cara membuatnya adalah ikan yang sudah dibersihkan lalu dibumbui dan dibungkus daun talas. Setelah itu, ikan dibakar dengan api kecil hingga matang. Setelah itu, ikan bungkus siap untuk disajikan.

  1. Ikan Manokrawi

Ikan Manokrawi ini terkenal karena bumbunya yang khas. Ikan manokrawi ini mempunyai rasa bumbu yang berbeda karena menggunakan sambal khas yang hanya bisa ditemukan di Papua. Ikan yang digunakan adalah ikan tongkol. Mengapa ikan bakar Manokrawi ini berbeda? Karena sambal yang digunakan menggunakan cabai yang berasal dari Papua yang terkenal akan rasa pedasnya tersebut. Bagi Anda pecinta pedas pasti penasaran kan ingin mencoba pedasnya sambal ikan bakar Manokrawi ini.

Itulah 8 makanan khas Papua yang bisa kamu nikmati. Tidak semua makanan khas dari daerah Timur harus berbahan dasar sagu melulu kan. Ternyata ada banyak makanan dengan bahan dasar lain yang tentunya patut untuk dinikmati selagi berada di bumi cendrawasih tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *