Bekasi vs Depok vs Jakarta: Dimana Yang Terbaik Untuk Membeli Properti

By | Januari 7, 2018

Bisnis properti sampai saat ini masih menjadi bisnis yang terbilang menguntungkan. Dengan semakin bertambahnya penduduk dan semakin sempitnya lahan untuk tempat tinggal, secara teoritis harga properti akan selalu meningkat. Maka bisa dikatakan bahwa bisnis properti adalah salah satu bentuk investasi yang ideal.

Dimana Yang Terbaik Untuk Membeli Properti

Namun tentu saja ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda menginvestasikan uang Anda kedalam bisnis properti, seperti lokasi, harga beli dan estimasi keuntungan di masa depan bila kita membeli properti tersebut. Apakah hal tersebut sulit? Well… gampang-gampang susah. Karena kita tidak bisa melihat masa depan, tetapi kita bisa memprediksinya. Yang pasti, membeli properti tidak semudah membeli kacang. Banyak aspek yang harus dipertimbangkan karena membeli properti melibatkan uang yang jumlahnya tentu tidak bisa dibilang sedikit.

Bisnis properti tidak melulu melibatkan pembelian unit properti dalam jumlah banyak. Membeli rumah untuk penggunaan pribadi pun tentu tidak boleh sembarangan. Karena boleh jadi dimasa depan Anda membutuhkan rumah yang lebih besar atau mungkin harus pindah rumah karena urusan pekerjaan, maka saat Anda menjual rumah Anda tersebut, harganya tidak akan jatuh.

Malah lebih menguntungkan apabila harganya bisa meroket daripada harga awal saat Anda membelinya, bukan? Mari kita lihat hal apa saja yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum menginvestasikan uang Anda ke dalam bisnis properti.

  1. Perbanyak referensi

Memperbanyak referensi Anda tentang properti membuat Anda memiliki lebih banyak bahan pertimbangan dalam segi harga dan lokasi. Tidak perlu terburu-buru. Anda bisa memilih tanah atau properti yang sekiranya strategis untuk 5 tahun kedepan dan apabila Anda ingin menjualnya kembali nanti, Anda akan memperoleh keuntungan dari tanah atau properti tersebut.

  1. Periksa Harga Pasar

Anda bisa melakukan peninjauan lebih dahulu dengan mencari informasi mengenai harga pasaran rumah. Hal ini bisa dilakukan dengan cara online atau datang langsung ke agen properti.

  1. Sebisa mungkin hindari membeli tanah perkavling

Kenapa? Karena umumnya tanah yang dijual per kavling akan lebih mahal daripada tanah yang masih asli.

  1. Pilih lokasi yang strategis

Lokasi yang strategis biasanya akan lebih menjual. Umumnya lokasi strategis itu yaitu lokasi yang dekat dengan fasilitas umum seperti jalan raya, stasiun ataupun lokasi yang berada di jalan protokol, aman dan bebas banjir. Hindari membeli tanah atau properti di lokasi di bawah sutet, di pinggir kali atau sungai ataupun lokasi yang berdekatan dengan area mudah terbakar seperti depo Gas atau pabrik mercon.

  1. Membeli dari orang yang jual butuh

Biasanya orang yang menjual properti atau tanah karena butuh, harganya akan lebih murah karena yang penting cepat laku.

  1. Verifikasi keabsahan sertifikat tanah atau properti

Hal ini merupakan hal yang terpenting agar Anda tidak tertipu. Periksa kelengkapan surat dan apakah sudah terdaftar di BPN. Yang harus Anda cek adalah sertifikat tanah asli, PBB (apakah dibayar rutin atau ada tunggakan) dan berkas-berkas lain seperti perjanjian balik nama. Pastikan semua surat resmi.

  1. Fasilitas Properti

Bila Anda membeli properti dari pengembang, pastikan Anda mendapatkan informasi mengenai fasilitas yang ditawarkan. Misalnya fasilitas seperti tempat ibadah, tempat olahraga atau taman bermain, fasilitas infrastruktur dal lain-lain.

Bagi Anda yang bekerja di Jakarta dan ingin mecari rumah untuk tempat tinggal Anda dan mempunyai dana yang tidak terlalu banyak, pilihan membeli rumah di Bekasi atau Depok bisa menjadi pilihan. Tetapi sebelum memutuskan ingin membeli dimana, ada baiknya kita membandingkan prospek properti di kedua kota tersebut.

Depok merupakan kawasan hunian dan bisnis yang terus berkembang. Depok menjadi salah satu pilihan untuk tempat tinggal terutama bagi yang bekerja di Jakarta. Di depok pun sudah tersedia fasilitas pendukung seperti transportasi umum, sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, kantor administrasi dan lainnya.

Akses pendukung di kita depok pun terbilang baik. Ada dua stasiun kereta api di depok yang siap melayani Anda bila ingin bepergian antar kota, yaitu stasiun Depok Lama dan Baru. Selain itu, Terminal Depok juga tersedia. Akses utama kota depok pun bebas banjir, dengan jalan utama yang lebar serta dekat dengan pusat perbelanjaan.

Pusat kota depok pun memiliki fasilitas yang lengkap. Harga rumah di depok dibandrol dengan harga sekitar Rp 200 jt-an untuk rumah minimalis. Tentu saja harga bervariasi tergantung luas tanah dan fasilitas yang ditawarkan rumah tersebut. Harga tanah di depok pun diperkirakan berpotensi naik sekitar 20-30%.

Lain lagi dengan kota Bekasi. Selain tempat yang cukup menjanjikan untuk berkarir, kota ini pun menjadi pilihan para pencari hunian kelas menengah karena jarak tempuh Bekasi menuju Jakarta cukup singkat bila dibandingkan dengan kota – kota penyangga yang lain berkat jalur ganda commuter line. Biasanya, yang mencari hunian di Kota Bekasi didominasi oleh end user (pengguna akhir) atau pembeli yang baru pertama kali membeli rumah. Kota Bekasi pun merupakan kota yang memiliki fasilitas umum lengkap dan diprediksi memiliki community development dalam jangka panjang.

Selain itu, karena masih jarangnya ditemukan hunian di daerah Bekasi yang didukung oleh kelengkapan infrastruktur dan sarana aksesibilitas, menjadikan kota ini merupakan salah satu kota yang mempunyai potensi investasi yang menjanjikan. Bayangkan bila keadaan semua infrastruktur di Bekasi sudah rampung. Bisa diprediksi bagaimana perkembangan harga properti di Bekasi.

Sama hal nya dengan kota Depok, harga properti di kota Bekasi pun diprediksi akan naik sekitar 20 % – 30%. Harga rumah di Bekasi berkisar di angka Rp 250jt-an.

Dengan mempertimbangkan tips –tips membeli properti di atas, apakah Anda sudah bisa memutuskan ingin membeli dimana? Ingat, rumah adalah bentuk investasi, jangan sampai salah pilih! Tempat sejauh Papua pun masih sangat-sangat menarik untuk berbinis atau membeli properti disana.

Tak ada salahnya bila mulai menghitung – gitung berapa keuntungan yang bisa Anda dapat dari investasi yang Anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *